Thursday, February 26, 2015

Kenapa kalau kita takut jadi merinding?

Berawal dari sebuah cerita seram pendek berikut: 

Suami membunuh istriinya saat anak mereka yang berusia 5 tahun sedang tidur. Hal yang aneh adalah bahwa anak itu tidak bertanya dimana ibunya bahkan 3 hari setelah dia hilang. 
Ayah: "Apakah ada sesuatu yang kamu ingin tanyakan pada ayah?"
Anak: "Aku hanya ingin tahu, mengapa Ibu selalu berdiri di belakang ayah?"

Sontak saya langsung merinding dan bulu kuduk saya langsung berdiri ketika membaca cerita singkat ini. Dari sini saya penasaran, kenapa kalau kita sedang takut bulu halus yang sering disebut bulu kuduk ini jadi berdiri alias merinding? Dari hasil googling ternyata diketahui bahwa ketika kita sedang ketakutan tubuh kita akan melepaskan hormon adrenalin yang bukan hanya memacu jantung berdetak lebih cepat, tapi juga mempengaruhi banyak reaksi tubuh lainnya. Selain itu merinding juga bisa muncul sebagai akibat dari kontraksi otot erector kecil yang ada di dalam kulit. Ketika rangsangan ini menghasilkan perubahan saraf, maka terjadi kontraksi pada otot sehingga rambut di atas kulit menjadi berdiri. 

Berdirinya bulu kuduk alias merinding ini adalah reaksi alam bawah sadar yang tidak bisa dicegah, seperti reaksi muka merah ketika kita merasa malu. Selain saat ketakutan, bulu kuduk bisa berdiri ketika kita kedinginan. Kenapa? Berdasarkan sebuah artikel yang ditulis oleh Eric Sonstroem dari Indiana University dalam website 'A Moment of Science', merinding adalah suatu reaksi primitif yang timbul dari sistem limbik otak. Ketika ada rangsangan udara dingin, maka rambut di ujung kulitnya akan berdiri untuk membantu menghangatkan tubuhnya.

Beberapa reaksi emosional juga bisa menyebabkan tubuh merinding, seperti saat menonton film, melihat sebuah karya seni atau mendengar suatu konser musik. Emosi yang timbul bisa menyebabkan piloerection dari akar rambut menjadi bervariasi dan kompleks. Mau merasakan sensasi merinding, coba deh baca cerita berikut:



sumber:
http://health.detik.com/read/2010/06/26/084201/1387051/763/kenapa-orang-bisa-merasa-merinding
http://www.viralnova.com/babysitter-stories/

2 comments:

Ecky Agassi said...

another short-horror story

"The last man on the planet was sitting in his room. And then there was a knock at the door."

Fajrie said...

if i were him, i'll be happy knowing that i'm not alone anymore :p