Friday, March 6, 2015

(Sedikit) Berbagi Memori

Banyak sekali kenangan, baik yang terdokumentasikan ataupun tidak, selama bertugas sebagai guru SD selama 1 tahun di Fakfak, Papua Barat. Itu adalah satu tahun terbaik dalam hidup saya. Belum banyak yang bisa saya berikan selama di sana, saya lebih banyak belajar dan terinspirasi dari beragam karakter dan individu yang saya temui di sana. Pada postingan kali ini saya bukan ingin membahas tentang pelajaran dan inspirasi yang saya dapatkan, akan ada pembahasan khusus tentang itu. Kali ini saya akan berbagi sedikit saja hasil dokumentasi saya dalam bentuk video. Video ini ada yang berupa kumpulan foto yang kebanyakan diambil oleh saya sendiri, murid saya, dan ada temen dari kru trans 7 juga, check this out:


Kalau video di atas adalah tentang keindahan alam Papua khususnya Fakfak, di video berikutnya adalah video dari program Si Bolang Trans 7. Semua anak-anak di sini adalah murid-murid saya, yang jadi bolang namanya Samsul. Samsul pintar sekali acting, waktu lagi casting kecil2an untuk nyari pemeran Si Bolang, Samsul sukses membuat kita terbahak2 karena peran2 yang diminta oleh kru Trans 7 untuk diperagakan Samsul. Di sini pun terlihat keindahan alam timur Indonesia, khususnya kampung Tarak dengan Batu Lobang sebagai primadonanya, check this out!


Video berikutnya adalah video favorit saya, perjuangan anak-anak Papua belajar tari Saman. Perjuangannya luar biasa, dan banyak sekali pelajaran yang bisa diajarkan di dalam prosesnya. Kesabaran, kedisiplinan, kekompakkan, kerja sama, semua berpadu jadi satu. Ini adalah dokumentasi saat Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Distrik Karas, setelah Ujian Nasional tahun 2014. Dengan tema "Setiap Anak Adalah Bintang" siswa-siswi SD Negeri Tarak sukses menampilkan sesuatu yang belum pernah dilihat oleh masyarakat di sana, tarian dari daerah di ujung barat Indonesia, tarian dari saudara sebangsa se-tanah air, Aceh. Check this out:


Meski suara penyanyinya sangat mengganggu, dengan segala keterbatasan, setidaknya kami sudah berusaha menampilkan yang terbaik dan semua masyarakat yang ada di sana saat itu sangat terhibur. Semakin bersinar yaa bintang-bintang kesayangan pak guru :)

4 comments:

M. Fajar said...

Fajri, ayo move on! Dibikin buku pengalamannya, jangan cuma jadi blog post.
#komenEdisiGakNgaca

Fajrie said...

minder aye bang, hahaha
mending jadi postingan blog aja :p

Ecky Agassi said...

@fajar apa hubungannya move on sama buku?move on ke buku gt?hehe

@fajrie
keren jrii :D

Fajrie said...

thanx broh :)