Friday, July 24, 2015

Tahun Duka Cita

Kalau Nabi Muhammad tahun duka cita ketika istri dan pamannya meninggal di tahun yang sama, kalau saya tahun duka citanya se-simpel kehilangan 2 tiket promo ke 2 tujuan berbeda.., sedih...

Tiket promo pertama: 
Jakarta-Manila, Manila-Riyadh, Riyadh-Manila, Manila-Jakarta

Berawal dari diri ini yang begitu impulsif ketika tahun baru kemarin melihat tiket promo dari Cebu Pacific Air tujuan Riyadh, niatnya si mau umroh, tapi ternyata saya baru tau ke Saudi itu tidak semudah ke negara lain. Kenapa? Karena Saudi tidak mengeluarkan visa turis. Sombong? Bisa jadi. Bisa juga nggak, karna mungkin emang negaranya udah dipusingkan sama jemaah haji dan umroh yang selalu bejibun tiap tahun, entahlah.

Awalnya saya mau mengusahakan visa umroh, tapi ternyata ada beberapa kendala.
1. Visa umroh hanya bisa diterbitkan jika landing di Jeddah SAJA, bukan di bandara lain.
2. Visa umroh tidak bisa diurus sendiri melainkan harus melalui travel.
3. Umroh tidak bisa dilakukan di bulan Syawal karena sudah mulai persiapan musim haji.

Rencananya saya ke Riyadh tgl 2 Agustus dari Manila, yang mana itu merupakan bulan Syawal. Oleh karena untuk visa umroh sudah tidak memungkinkan, jadilah saya mencari jalan lain, calling visa.
Apa itu calling visa? Calling visa ini adalah visa yang dikeluarkan by request dari negara yang ingin dikunjungin, bisa 2 cara atau pihak yang memanggil, yaitu:
1. Keluarga sedarah yang dibuktikan dengan kartu keluarga
2. Business purpose misalnya panggilan job training, dll.

Jelas saya tidak bisa mengusahakan yang pertama, ya meskipun sebenarnya semua Muslim bersaudara dan seperti keluarga, tapi tentu kedubes ga nerima fakta itu *ya ngana pikir?!?! Jadilah saya mengusahakan yang kedua. Saya mencoba minta tolong ke atasan saya yang sempat kerja di KBRI Manila, mengusakan koleganya yang ada di Saudi untuk mengeluarkan surat panggilan untuk job training, tapi hasilnya? Nihil. Saya pun tak mau berpangku tangan, saya coba menjalin pertemanan di situs Couch Surfing, sudah ada beberapa orang yang siap menampung saya di rumahnya, tapi ketika saya tanya bisa gak menerbitkan surat buat job training, hasilnya? Tetep nihil. Malah ada 1 orang Saudi sana yang dengan randomnya malah nawarin saya MLM, iya, MLM! aneh banget >,<

Tiket promo kedua:
Jakarta-Ende (Flores), Ende-Kupang-Jakarta

Masih alasan yang sama, impulsif, bahkan saking impulsifnya, ketika ada info promo ini dari temen, saya langsung aja cari tanggal merah tanpa lihat itu tanggalan merah kenapa, dan akhirnya ditentukan lah tanggal itu dan langsung beli tiketnya. Pas dilihat lagi ternyata itu libur merah karena Idul Adha, yang artinya saya ga bisa shalat Ied. Karena sudah terlanjur ya saya lanjutkan saja, ajak temen2 lain dan terkumpullah 7 orang dengan latar belakang berbeda untuk berpetualang ke Flores bersama, bahkan kami sudah membuat grup whatsap agar lebih mudah kordinasi.

Baru-baru ini kabar buruk pun datang, ceritanya saya tau informasi ini dari teman saya. Jadi teman saya punya teman lagi yang kerjasama dengan salah satu travel. Beberapa hari lalu temennya temen saya itu mengabarkan kalau ia ditimpa musibah, ternyata travelnya NIPU! Tapi untungnya temennya temen saya ini mau bertanggung jawab mengembalikan 100% uang yang sudah kami setor. Paling lambat akhir September si pengembaliannya, ya mudah2an aja ga ngaret. I want my money back! Kecewa banget karna saya sudah sampe ngebuat itinerary selama di sana, udah kebayang banget asiknya di sana.

Setiap kejadian pasti ada hikmahnya, bagi orang yang memang ingin mencarinya. Hikmah dari saya tidak jadi umroh adalah saya bisa menghadiri 3 pernikahan sahabat-sahabat saya, 2 diantaranya termasuk yang paling dekat dengan saya. Hikmah saya tidak ke Flores pun saya jadi bisa menghadiri pernikahan teman terdekat saya. Yaahhh, inilah saya, masih mencoba ikhlas kehilangan uang yang tidak sedikit *ikhlas kok diomongin -__-

Setelah ini saya mau buat Trip Sakit Hati, no more promo ticket! Pokoknya cuti yang sudah terlanjur diajukan harus tetap digunakan. Next destination? Well, better keep it secret unil it's done.

4 comments:

Ecky Agassi said...

Semoga dapat kesempatan yang lebih baik nanti jri,
meanwhile, dibalas untuk Trip MPOS aja jrii, hahaha

Fajrie said...

amiinn, trip mpos kelamaan ckuy, harus diobati nih hati dengan trip lain, september insha Allah :D

dea alias dey said...

ke Cimara kampung gue nyook jrii~ bagus banget lhoo...yukss lah gue dan suami siap jadi guide keliling menjamah keindahan pedalaman Kuningan Jawa Barat xD

Fajrie said...

dari Cimara bisa tembus ke Chicago gak ded? kalo bisa mau donk :D :D