Thursday, February 11, 2016

Tentang Aib

source: http://tabungwakaf.com/allah-menutupi-aib-kita/















 Every person you see has things Allah has hidden from you. Even a person that may seem like an angel, but deep down they are fighting the battle against their nafs. That's one of the blessings and mercy of Allah that He has hidden our faults from the sight of others.

Setiap manusia pasti punya cela, aib, dosa, yang tidak dilihat oleh orang lain. Aib, cela, dan dosa itu senantiasa ditutupi oleh Sang Pencipta sampai kita bisa berjalan di muka bumi ini dengan kepala tegak. Kebayang gak si kalau semua aib, cela, dan dosa kita itu diketahui oleh semua orang? Masih berani kah kita keluar rumah? Saya sih nggak, pasti malu banget. Sejatinya kita dianggap baik bukan hanya karena perbuatan2 kita tapi karena Dia yang telah menutupi aib-aib kita. Nah, kalau aib kita saja sudah ditutup dengan baik oleh-Nya, jangan diumbar lagi, apalagi aib orang lain. Sayangnya pergaulan jaman sekarang seakan kalau lagi kumpul bareng temen2 gak lengkap kalau gak ngomongin aib saudaranya, setiap kali terjebak di kondisi kaya gitu saya ngebayangin lagi makan bangkai orang yang sedang diomongin :(

Sudah seharusnya kita sibuk dengan aib, cela, dan dosa kita sendiri, tidak usah mengurus yang orang lain punya. Seandainya aib itu ada baunya, saya rasa gak ada orang yang mau duduk dekat2 dengan saya saking baunya. Bicara aib orang lain, aib ada 2 macam lho, (1) aib yang hubungannya langsung ke atas dengan Sang Pencipta, dan (2) aib yang hubungannya horizontal ke sesama manusia dan sifatnya merugikan orang lain. Untuk aib jenis kedua contohnya kaya mencuri, korupsi, dll. Aib yang seperti ini justru boleh untuk diungkap dan dicari kebenarannya, karena kalau nggak bisa membuat kerugian yang lebih besar. Nah, kalau aib yang jenis pertama itu gak perlu disebar-sebar, gausah kepo dan gosipin si pelaku, yang penting kita tetep nasihatin aja seperlunya tanpa menjudge. Beda ya, memberi nasihat dengan menghakimi.

2 comments:

dea alias dey said...

very good jri.. jadi reminder buat diri sendiri juga/ Makasi yak

Fajrie said...

sama-sama menjadi pengingat dan sama2 mendoakan ya ded :)