Sunday, December 23, 2018

Krisis Iman dan Smansa

sumber gambar













Banyak nikmat yang Tuhan berikan kepada manusia, tak terhitung lah jumlahnya, tapi dari sekian banyak nikmat tersebut ada 2 nikmat yang paling besar yang diberikan kepada orang2 beruntung, yaitu nikmat Iman dan Islam. Namun bagi saya, ada 1 lagi nikmat yang paling besar, yaitu menjadi anak SMANSA Depok. 

Yep, iman itu adalah nikmat, dan itu bisa saja dicabut Allah kalau kita gak pandai menjaganya. Dan saya baru aja merasakan pahitnya ketika nikmat itu dicabut.

Kejadian berawal sekitar 3 minggu lalu, saat kualitas ibadah saya sedang sangat baik, jarang2 saya serajin itu dalam beribadah, dan sangat into it alias khusyuk banget tiap sholat. Sekitar 2 minggu lah saya enjoy banget ibadah, tapi kemudian ada kejadian yang sangat mengecewakan yang sebenarnya penyebabnya saya sendiri. Tapi ya saya manusia biasa, saya pun protes, "kok gini si? Saya udah memaksimalkan ibadah saya tapi ternyata saya masih terjebak di kesalahan yang sama, ibadah saya gak ada 'nahi munkar'-nya" itu berlangsung sekitar 5 hari dan pas sholat jumat puncaknya, saya udah males sholat, hanya gerakan tanpa membaca apapun.

Kejadian ini pernah saya alami sebenernya, dimana saya merasa bosan trus saya bertekad mau nyobain ah gak sholat seminggu. Tapi baru 2 hari saya udah gelisah dan ketakutan sendiri, akhirnya sholat lagi. Tapi kali ini ternyata beda, saat saya gak sholat ga ada rasa penyesalan sama sekali. Woww, it's new! Saya pun bertanya dalam hati, kok ga ada rasa bersalah sama sekali ya? Dimana kegelisahan itu?

Peristiwa itu berlanjut terus, tiap diajakin temen sholat saya selalu alesan ini itu karena emang ga mau sholat, bangun pun selalu siang. Seminggu berlalu dan saat sholat Jumat saya pun terpaksa karna kondisi, begitu juga sholat ashar dan maghrib karna gaenak diajak temen. 

Saya hobby banget nonton youtube, dan semalam saat saya dengerin lagu China di youtube tiba2 aja saya "ketarik" ke masa2 indah di SMA. Masa-masa saat saya masih innocence (gak innocence2 banget si tapi ya much much better than sekarang), masa2 dimana saya dikelilingi orang2 sholeh luar biasa, sahabat2 saya. Segala memori tersebut menghujam saya tanpa ampun, and I cried like a baby. Kejadiannya sekitar jam 3 dini hari (iya, saya klo youtuban emang ga inget waktu), dan saya langsung teringat ceramah Prof. Nazarudin Umar klo ada bisikan di hati mau ibadah, itu artinya "ilham" dan jangan mikir2 apa2 lagi langsung aja ikutin bisikan tersebut. Saya pun melakukannya, ambil wudhu, dan sholat sambil ingus meler kemana2. 

Rasanya nikmat banget, dan hati saya seakan berteriak, "yeayy, i got my faith back!". Setelah itu saya refleksi, mungkin ini yang namanya nikmat iman dicabut, saat hati gak merasa bersalah ketika meninggalkan ibadah.

Tapi tentu ini bukan akhir ya pemirsa, karna iman itu akan senantiasa naik dan turun. Ada rasa ketakutan dalam diri saya karna perasaan seperti ini bukan yang pertama kali, dan intensitasnya semakin besar. Saya khawatir kalo sampe ini kejadian lagi dan saya lupa caranya bangkit. Semoga ya, saya selalu berharap, kenangan saya di SMANSA bisa terus menjadi kekuatan saya, anchor saya, untuk kembali lagi ke titik 0 dan pelan2 mengembalikan iman saya tiap saya merasa capek berperang dengan diri sendiri.


Uhibbukum fillah, kata2 penuh cinta dari sahabat yang dulu sering kami ungkapkan satu sama lain, dan selalu bikin hati saya hangat mendengarnya. Cuma doa yang bisa dipanjatkan untuk menyalurkan kerinduan, semoga semua sehat2, dilancarkan segala urusan, dan imannya terjaga sampai perjumpaan nanti di akhirat, semoga kita sekampung nanti di surga-Nya ya akh..

No comments: